Akankah Adopsi Bitcoin El Salvador Memotong Biaya Pengiriman?

Facebook

FacebookIndonesiaredditpinterestterhubungsuratoleh bulu

Tiga cryptocurrency Bitcoin dengan bendera El Salvador di latar belakang.

Adopsi kripto El Salvador bukanlah gertakan. Negara Amerika Selatan telah menjalankan rencana tersebut, mengadopsi Bitcoin sebagai tender crypto paralel. Hal-hal telah berjalan dengan baik sejauh ini, dengan lebih dari 200 ATM khusus sudah terpasang untuk membantu adopsi Bitcoin. Satu-satunya hal yang mengganggu sebagian besar negara adalah jika adopsi Bitcoin memotong biaya pengiriman uang di negara tersebut.

Bank Sentral El Salvador penasaran untuk melihat apakah Bitcoin memangkas biaya pengiriman uang, yang merupakan sumber pendapatan utama bagi jutaan orang. Perpindahan ke Bitcoin sebagai alat pembayaran legal paralel di El Salvador akan dilanjutkan pada bulan September, jadi kami tidak akan menunggu lama untuk melihat apa yang terjadi.

Sudah Disebut-sebut Sebagai Cara Memudahkan Pembayaran Remittance

Presiden Nayib Bukele telah lama menggembar-gemborkan Bitcoin sebagai cara untuk memfasilitasi pembayaran pengiriman uang dari warga El Salvador yang tinggal di luar negeri. Semua orang memperhatikan dengan seksama bagaimana situasi berkembang. Jika biaya pengiriman uang turun secara signifikan, tidak diragukan lagi bahwa negara lain dapat bergabung dalam keributan Bitcoin.

Banyak yang percaya bahwa percobaan itu akan gagal. Bank dan lembaga keuangan telah memperingatkan presiden El Salvador tentang konsekuensi dari langkah seperti itu, tetapi jika itu memotong biaya pengiriman uang, itu pasti akan mengangkat alis negara-negara tetangga. Argentina dan lainnya tertarik untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, dan biaya pengiriman uang yang rendah adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang.

Bank pembangunan regional CABEI menawarkan dukungannya kepada El Salvador dalam mengimplementasikan cryptocurrency. Bank Dunia menolak bantuan, dengan alasan transparansi dan kelemahan lingkungan, tetapi kita semua tahu apa alasan sebenarnya. Bank sentral lain di Amerika Selatan seperti Guatemala dan Honduras belum melarang penggunaan cryptocurrency, jadi aman untuk mengatakan bahwa Amerika Selatan saat ini adalah sarang Bitcoin.

Sepotong Besar Pengiriman Uang di Crypto

Sekitar 1% dari volume pengiriman uang lintas batas global saat ini dalam bentuk kripto. Jumlah itu diperkirakan akan segera bertambah. Pengiriman uang tahunan yang diproyeksikan dalam crypto akan segera mencapai $ 500 miliar. Berkat Bitcoin, pengiriman uang lintas batas akan jauh lebih cepat dan lebih murah, terutama jika lebih banyak negara mengadopsinya seperti El Salvador.

Saat ini, CABEI berfokus untuk menawarkan bantuan teknis kepada pemerintah El Salvador dalam mengembangkan kerangka hukum yang memungkinkan adopsi Bitcoin. Undang-undang harus mematuhi protokol anti pencucian uang yang ketat sehingga semuanya adil dan jujur.

El Salvador telah memutuskan untuk menavigasi wilayah yang belum dipetakan dalam sebuah langkah kontroversial yang dapat meningkatkan ekonomi negara yang sedang lesu. Dengan Bank Dunia menolak kesempatan untuk membantu, presiden negara itu menyerang organisasi keuangan di tempat yang paling menyakitkan. Dia mengumumkan adopsi Bitcoin sebagai tender legal paralel, dengan cara itu mengurangi ketergantungan dolar El Salvador.

Dia sangat dikritik dan di bawah tekanan dari negara-negara asing, tetapi terus melanjutkan rencananya. Dengan langkah yang terjadi pada bulan September, kami akan memiliki kesempatan untuk mengetahui apakah adopsi crypto sebagai tender legal paralel dimungkinkan, dan jika itu memotong biaya pengiriman uang. Jika ya, kami tidak ragu bahwa negara lain akan berbaris untuk mengadopsi Bitcoin.

Author: Janet Ross